BNI Kejurnas, Jalan ke Pelatnas Sekaligus Tolok Ukur Pembinaan Daerah

Sebanyak 32 Pengprov mengikuti BNI Kejurnas PBSI Perorangan Taruna dan Dewasa 2023 di GOR UNJ Rawamangun, Jakarta, 18-23 Desember ini. Mereka berebut tiket sebagai jalan ke Pelatnas.

Selama enam hari ke depan, 610 atlet dari berbagai daerah itu akan berjuang meraih juara dalam Kejurnas PBSI. Menurut Kepala Bidang Turnamen dan Perwasitan PBSI Mimi Irawan, gol dari kejuaraan ini bisa dipilih untuk memperkuat Pelatnas di Cipayung. Seleksi Nasional itu akan diselenggarakan di Pelatnas PBSI, rencananya 15-17 Januari 2024.

“Tapi tetap ada syaratnya. Artinya, setelah dari sini (Kejurnas) tetap akan diseleksi yang akan dilakukan pada Januari (2024),” kata Mimi kepada detikSport di GOR UNJ.

Baca juga: BNI Kejurnas PBSI 2023 Dimulai 18 Desember, Diikuti 610 Atlet

“Tadinya kami mau lanjutkan setelah Kejurnas ini, tapi tidak jadi karena atlet-atlet pasti sudah capek. Sebab dari Sirnas Premier, Kejurnas, kemudian seleksi lagi? Ya, akhirnya kami lakukan di bulan Januari mendatang,” Mimi menjelaskan.

“Tapi dari hasil Kejurnas ini, ada di aturan kita dan dijelaskan yang terpilih nanti siapa, itu sudah ada ketentuannya,” ujarnya.

Mimi sendiri menjelaskan ajang BNI Kejurnas PBSI Perorangan Taruna dan Dewasa 2023, yang menjadi penutup rangkaian akhir turnamen bulutangkis di Tanah Air, dilakukan dengan berbagai tujuan. Salah satunya untuk melihat sejauh mana pembinaan atlet-atlet du daerah.

Baca juga: DKI Jakarta Targetkan Juara Umum BNI Kejurnas PBSI

“Ini kami lakukan setiap tahun, sebagai penutup event kita dari awal tahun hingga menjelang akhir tahun ini, dengan catatan kita ingin melihat bagaimana pembinaan atlet-atlet di daerah. Apakah Pengprovnya ada atletnya?” ujar Mimi.

“Kalau tak bikin kejurnas, kita tak tahu pembinaan atletnya ini bagaimana. Dan saya bangga melihat baju-baju atlet ini menggunakan nama daerahnya, berarti pengembangan di daerah itu berkesinambungan.”

“Mungkin ada juga (Pengprov) yang tidak, tapi di atas rata-rata pembinaan itu ada, karena bulutangkis ini adalah cabor yang diidolakan khususnya nomor individu, kalau tim kita tahu lah ada sepakbola dan basket. Tapi kalau bulutangkis masih number one-lah,” Mimi menandaskan.

Simak Video ‘BNI Kejurnas Jakarta 2023 Juga Jadi Ajang Ujian Wasit Sertifikat A’:

[Gambas:Video 20detik]

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Tamansarigangga. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.